Jumat, 22 Juni 2018

BAB 5 AI Dalam Taktikal dan Strategi

Tugas

Apa itu Waypoint?

         Waypoint dalam bahasa Indonesia berarti titik jalan. Jadi, waypoint dapat dijelaskan sebagai titik acuan atau koordinat yang digunakan untuk keperluan navigasi di dalam peta pada sebuah game. Koordinat-koordinat itu biasanya menyertakan longitude(garis bujur), latitude(garis lintang) dan kadang altitude(ketinggian) untuk keperluan navigasi udara di dalam game. Waypoint berfungsi sebagai titik tujuan didalam peta pada sebuah game. Waypoint di dalam game seringkali tidak disertai tanda yang dapat dilihat oleh pemain, baik ketika pemain melihat peta, Waypoint tidak akan ditampakkan guna untuk menambah tingkat kesulitan didalam sebuah game.

          Tidak dipungkiri lagi, waypoint sudah pasti diterapkan untuk karakter-karakter ai yang terdapat didalam game agar game dapat terlihat lebih hidup seperti keadaan di dunia nyata, walaupun kadang pemain juga harus dipaksa untuk mengikuti waypoint yang ditentukan oleh developer. waypoint yang diterapkan pada karakter ai dalam game bergenre aksi dan petualangan, biasanya untuk keperluan patroli, keperluan mengejar, keperluan melarikan diri dan keperluan menghindar.

Apa itu Taktik?

           Menurut penulis, taktik adalah susunan cara yang akan dilakukan untuk menyelesaikan sebuah masalah yang dihadapi. Taktik digunakan untuk terselesaikannya masalah dengan sempurna tanpa adanya kegagalan. Terkadang, taktik juga digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari masalah yang dihadapi. Didalam game bergenre aksi dan petualangan, pemain sangat dipaksa untuk memiliki taktik agar masalah-masalah yan terdapat didalam game dapat terselesaikan secara sempurna, Karena kebanyakan didalam juga menuntut pemainnya untuk selalu menang, sehingga taktik sangat diperlukan untuk pemain.

Apa itu Pathfinding?

        Pathfinding atau dapat diartikan "pencarian jalur" dalam bahasa Indonesia. Pathfinding menurut penulis merupakan terusan dari waypoint, dimana ketika sebuah titik koordinat sudah di tentukan, karakter ai selanjutnya mencari jalur tercepat untuk sampai pada titik koordinat tersebut.

Penulisan

Strategi Real-time

        Strategi real-time "(RTS) menunjukkan bahwa tindakan dalam permainan kontinu, dan pemain akan harus membuat keputusan dan tindakan mereka dalam latar belakang negara permainan yang terus berubah, dan komputer real-time strategy gameplay ditandai dengan memperoleh sumber daya, membangun pangkalan, meneliti teknologi dan memproduksi unit.

contoh game yang menggunakan Strategi real-time

menurut penulis, game yang menggunakan strategi real-time adalah game yang sedang booming sekarang, yaitu P*BG. yang biasa disebut Pabji.

Referensi :

file:///E:/Pengantar%20Game%20(Soft%20Skill)/Tugas%204/M11,%20M12%20-%20AI%20dalam%20Tactical%20dan%20Strategi.pdf

file:///E:/Pengantar%20Game%20(Soft%20Skill)/Tugas%204/M11%20dan%20M12%20-%20Pengantar%20Teori%20Game%20Tactical%20Strategy%20Way%20Point.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar