Minggu, 11 Oktober 2015

Virtual Reality Game



            Bagi para gamers, pasti kalian sudah tidak asing lagi ‘kan dengan alat yang bernama stick controlle,  keyboard dengan  mouse  ataupun joystick? Tentu saja itu adalah alat yang wajib digunakan oleh kalian untuk memainkan permainan yang kalian inginkan, entah PES, Call of Duty, Battlefield, GTA, DOTA, NFS dan permainan yang lainnya. Semua permainan itu pastinya menggunakan alat alat wajib tadi tapi tergantung media apa yg kalian pakai. Kalo kalian pake media Playstation, ya pasti memakai stick controller, kalo kalian pake medianya komputer ataupun laptop, ya kemungkinan memakai keyboard dengan mouse atau dengan menggunakan joy stick.
            Yang namanya Gamers, kalo udah dikasih suguhan PS, Komputer dengan 3 layar, ataupun laptop dengan standar untuk bermain game, kalian akan langsung lupa segalanya kalo belum cukup puas dengan permainannya, dari makan, beribadah, mandi, bahkan mungkin sekolah. Padahal medianya hanya menghasilkan visual 3 dimensi yang masih terbatas geraknya karna program yang disesuaikan dari terbatasnya tombol. Tidak bisa dibayangkan bagi kalian yang suka dengan permainan tentang petualangan, tapi kalian belum puas karna terbatasnya gerak dari aktor permainan tersebut, yang pasti kalian akan cepat bosan karna kurang menariknya permainan tersebut. Lalu kalian berfikir, ada nggak sih didunia ini yang permainannya bisa digerakin sama diri sendiri?
            Jangan khawatir, zaman sekarang tidak ada yang tidak mungkin, jawabanya “ADA”, dan benar benar dengan menggunakan badan sendiri untuk menggerakkannya, dan juga permainan ini benar-benar dapat membuat kalian ketagihan, karna permainan ini tidak memiliki batasan gerak, kenapa? Karna yang menggerakkannya adalah diri kalian sendiri, apapun gerakan kalian, aktor dalam permainan ini akan mengikuti gerak kalian secara langsung, tidak lambat, tidak cepat. Contoh ketika kalian menendang musuh dalam permainan ini, maka aktornya juga langsung bergerak layaknya anda menendang didunia nyata.
            Oke, akan saya perkenalkan ke kalian yang belum tau tentang alat yang bisa membuat kalian masuk kedalam dunia maya sebuah permainan. Namanya PrioVR, PrioVR dengan quote "Suit Up, Game On" ini dirancang YEI Technology untuk memenuhi kebutuhan bermain bagu kaian gamers. Kalian yang fanatik dengan permainan petualangan, inilah alat yang mampu mendongkrak ke eksistensian kalian sebagai gamers, karna sekali saja kalian mencoba, kalian pasti ketagihan untuk memainkannya terus, terus, dan terus sampe kalian cape. Kenapa saya bilang cape, karena alat ini bukan cuma sekedar alat yang kalian pegang atau raba-raba, alat ini harus kalian kenakan sebagai syarat awal untuk memulai permainannya, dengan mengenakannya, secara otomatis permainannya akan bisa dimulai.
            Setelah permainan dimulai, kalian akan dimanjakan dengan teknologi yang digunakannya, karna alat yang kalian pakai nanti itu bukan sekedar alat yang cuma ditekan dan duduk manis memainkannya, tapi alat ini harus kalian kenakan di bandan kalian, karena, alat yang kalian kenakan nanti sudah canggih dengan menggunakan sistem sensor inersia tanpa menggunakan kamera, sensor inersia itu berfungsi sebagai penulangan aktor yang berada didalam permainan tersebut, lalu aktor yang didalam permainan tersebut senantiasa mengikutin semua gerakan kalian. Sehingga memungkinkan kalian untuk bergerak sesuka hati kalian.
Sampai sekarang, belum ada jalan untuk merealisasikan dirimu sendiri kedalam dunia maya yang mendekati alami dengan interaksi seluruh tubuh. PrioVR adalah perubahan dari permainan dengan mengiring mu dan gerakan mu kedalam lingkungan maya dimana kamu bisa melihat tubuh maya mu bergerak layak nya dirimu sendiri. Sebagai alat manipulasi agar mereka tepat didepan mu, dan berinteraksi sealaminya kamu lakukan di dunia nyata
PrioVR menggunakan performa sensor inersia yang tinggi untuk menetapkan 360 derajat dari seluruh permukaan, pergerakan langsung tanpa membutuhkan kamera, garis bidang, atau alat-alat yang besar. Semua yang dibutuhkan PrioVR hanyalah tubuhmu. Sensor PrioVR diletakkan pada titik kunci di badanmu untuk menggambarkan pergerakkanmu dan menerjemahkannya ke dalam layar langsung. PrioVR menggunakan sistem wireless atau tanpa kabel. Memungkinkan untuk simulasi beberapa orang pengguna sekali gus, dan akan bekerja dimanapun, di dalam ataupun di luar ruangan dalam penggambaran ruangan pada segala ukuran.
PrioVR tersedia dalam tiga versi, yaitu the Core, the Lite, dan the Pro. Semuanya dengan wireless dan sama-sama dapat digunakan bersamaan. Semua peralatannya, sudah termasuk 2 kendali tangan dengan tombol aksi, pelatuk, dan tuas kendali. Tuas kendali mempermudah kamu untuk menentukan arah di dunia luas tanpa harus berjalan, sedangkan pelatuk menyokong pengalaman menembak yang menyenangkan.
Disarankan untuk kalian yang benar-benar berjiwa gamers, untuk memakai versi The Pro. Karna setiap versi yang disediakan PrioVR berbeda-beda jumlah sensor yang digunakan, bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.
http://icdn2.digitaltrends.com/image/priovr-sensors-729x486.jpg?ver=7

            Semakin banyak sensor yang digunakan untuk bermain, semakin bebas kalian menggerakan tubuh anda ke dalam dunia permainan tersebut. berikut kelebihan dan kekurangan PrioVR dari analisa saya.
            Kelebihannya :
-          Memberikan sensasi kepuasan ketika berpetualangan didunia maya.
-          Menambah pengalaman ketika bermain permainan simulasi.
-          Bisa dimainkan dimanapun kalian mau.
-          Bisa dimainkan bersama 10 orang bersamaan ditempat yang sama.
-          Memanipulasikan badan kita, seolah kita yang sedang berada didalam game.
-          Member kesehatan, karena seluruh tubuh bergerak ketika bermain.
Kekurangannya :
-          Membutuhkan ruangan yang cukup besar untuk bermain.
-          Harga yang mahal untuk dbeli diindonesia.
Untuk bayangan kalian para gamers, betapa serunya memakai PrioVR, ini saya beri beberapa link youtube supaya kalian bisa melihat sebebas apa kalian bisa menggerakan tubuh kalian.
Ini untuk berbagai macam alat permainan virtual reality
            Coba kalian bayangkan kalo semua peralatan itu disatuin jadi satu unit perangkat Virtual Reality Game, pastinya nge-gaming bakal lebih-lebih seru lagi ‘kan. Mungkin cukup sekian untuk postingan saya kali ini, semoga bermanfaat. Salam Teknik.

Referensi :

makerflux.com/priovr-fully-immersed-virtual-reality-gaming-suit/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar