Selasa, 15 Maret 2016

Tentang HTTP



Tentang HTTP
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mendistribusikan sistem informasi yang berbasis hypertext. Protokol ini merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengakses HTML. HTTP diprakarsai oleh World Wide Web sistem informasi yang menyeluruh sejak tahun 1990. Apabila pada penjelajahan web dan pada alamat tertulis http://www.google.com; ini merupakan salah satu penggunaan protokol HTTP dalam web.
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee.
Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian,  HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.
                HyperText Transfer Protocol merupakan protokol utama yang digunakan untuk mengakses data melalui World Wide Web. Protokol ini dapat digunakan untuk mentransfer data dala format plaintext, hypertext, audio, vidio, dan lain. Namun demikian, protokol ini lebih umum disebut dengan protokol transfer berformat hypertext dengan alasan efisiensi.
                Terdapat dua tipe messege dari HTTP, yakni request message dan response message. Request message terdiri dari request line, header, dan body. Requet line dibagi dalam 3 komponen: request tipe(method), resource (URL), dan versi HTTP. Unifom Resource Locator (URL) merupakan informasi alamat di mana sebuah dokumen dapat diakses halaman Web. URL dibagi dalam tiga bagian method, host computer, port, dan path.
                Method adalah protokol yang digunakan untuk akses dokumen. Method ini dapat mengoperasikan Groper, FTP, HTTP, News, dan TELNET. Host komputer merupakan alamat dalam format nama (host name) ataupun bisa berupa IP Address dari suatu host. Sedangkan port number, menunjukan port dari suatu layanan yang disediakan oleh sebuah host yang diminta client. Sedangkan path adalah lokasi direktori dari suatu file yang akan diakses.
                Request type yang merupakan bagian dari request line dapat didefinisikan dalam beberapa bagian message yang disebut dengan request method. Request method berbeda dengan method dari bagian dari method URL. Request method tersebut antara lain GET, HEAD, POST, PUT, PATCH, COPY, MOVE, DELETE, LINK, UNLINK, dan OPTION.
                Request message merupakan tanggapan yang diberikan oleh server yang terdiri dari line status, header, dan body. Status line terdiri dari HTTP version, status kode, dan status phrase. Status code merupakan sebuah kode yang menandakan bentuk respons yang diberikan oleh server. Status code bisa berupa status informasional, success, redirection, client error, dan juga server error. Kode dari status code ini dilengkapi dengan keterangan disebelah kanannya, yang disebut dengan status phrase.
                Response message yang diperoleh user dilengkapi dengan keterangan dari message tersebut. keterangan ini disebut dengan header message. Header message terdiri dari General Header, Request Header, Response Header, dan Entity Header.
referensi
Sukmaaji, S.Kom., Anjik, & Rianto, S.Kom. 2008. Jaringan Komputer Konsep Dasar Pengembangan Jaringan dan Keamanan Jaringan (Ed. 1). Yogyakarta : Andi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar