Kamis, 15 Maret 2018

Tugas Semester 6

Pengantar Game

Game atau dalam bahasa indonesia yang berarti permainan, sejak kecil kita sudah mengenal banyak permainan yang sering dimainkan diwaktu sore hari, seperti sepak bola free rule dengan batas waktu sampai dengan maghrib, polisi-maling, petak umpet, petak jongkok, gobak sodor dan lain-lain. Namun seiring waktu berlalu, dan teknologi semakin berkembang, mulailah muncul permainan dalam bentuk tampilan seperti playstation, gamebot, ding-dong dan lain-lain. Permainan-permainan tersebut disebut dengan permainan video. Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang membutuhkan interaksi antarmuka antara pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.

Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”, kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.

Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting dalam perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game, kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.

Manfaat teori game
  1. Mengembangkan suatu kerangka utnuk pengambilan keputusan dalam situasi persaingan (kerjasama).
  2. Menguraikan metode kuantitatif yang sistematik bagi pemain yang terlibat dalam persaingan untuk memilih strategi yang tradisional dalam pencapaian tujuan.
  3. Memberi gambaran dan penjelasan phenomena situasi persaingan/konflik seperti tawar menawar danpe rumusan kualisi


Game Engine Processing

Game Engine atau secara arti bahasa Indonesia adalah mesin permainan. Bukan berarti permainannya yang berbentuk mesin, tetapi arti mesin dalam hal ini adalah kumpulan struktur program yang dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan pembuat game dalam menyelesaikan proyek permainan console-nya. Mulai dari rendering game-nya, pemasukkan rumus untuk elemen fisika (seperti : bola jatuh, bola menggelinding, tembakan peluru dari senjata api dan membuat aktor dalam permainan tersebut dapat melompat dan kembali lagi memijakkan kaki ke daratan di dalam permainan), pemasukkan suara latar dalam permainan dan pemasukkan kecerdasan buatan dimana musuh ataupun masyarakat yang berada didalam permainan tersebut dapat menentukan keputusan sendiri apa yang akan dilakukkannya. Secara singkat, game engine merupakan seperangkat perangkat lunak (bisa dalam bentuk library, framework atau IDE) yang didesain untuk (membantu) membuat permainan.

Sedangkan processing atau bahasa Indonesia adalah pemrosesan atau pengolahan. Jadi Game Engine Processing adalah mesin atau piranti yang sudah dibuat dengan tujuan untuk membantu developer agar lebih mudah membuat permainan dalam pengolahannya dari ide dibantu dengan game engine kemudian menjadi sebuah permainan yang utuh.

Teori yang bisa dipakai pada sebuah game

Teori payoff (Ganjaran)

Ganjaran / pay-off adalah hasil akhir yang terjadi pada akhir permainan berkenaan dengan ganjaran ini, permainan digolongkan menjadi 2 macam kategori, yaitu permainan jumlah-nol (zero-sum games) dan permainan jumlah-bukan-nol (non-zero-sum games). permainan jumlah-nol terjadi jika jumlah ganjaran dari seluruh pemain adalah nol, yaitu dengan memperhitungkan setiap keuntungan sebagai bilangan positif dan setiap kerugian sebagai bilangan negatif. Selain dari itu adalah permainan jumlah – bukan-nol. Dalam permainan jumlah-nol setiap kemenangan bagi suatu pihak pemain merupakan kekalahan bagi pihak pemain lain. letak arti penting dari perbedaan kedua kategori permainan berdasarkan ganjaran ini adalah bahwa permainan jumlah-nol adalah suatu sistem yang tertutup.

Strategi Permainan

          Strategi permainan dalam teori permainan adalah suatu siasat atau rencana tertentu dari seorang pemain, sebagai reaksi atas aksi yang mungkin dilakukan oleh pemain yang menjadi saingannya. permainan diklasifikasikan menurut jumlah strategi yang tersedia bagi masing-masing pemain. Jika pemain pertama memiliki m kemungkinan strategi dan pemain kedua memiliki n kemungkinan strategi, maka permainan tersebut dinamakan permainan m x n. letak arti penting dari perbedaan jenis permainan berdasarkan jumlah strategi ini adalah bahwa permainan dibedakan menjadi permainan berhingga dan permainan tak berhingga. Permainan berhingga terjadi apabila jumlah terbesar dari strategi yang dimiliki oleh setiap pemain berhingga atau tertentu, sedangkan permainan tak berhingga terjadi jika setidak-tidaknya seorang pemain memiliki jumlah strategi yang tak berhingga atau tidak tertentu.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar