Jumat, 09 Januari 2015

Pengaruh Globalisasi



Pengaruh Globalisasi
Assalammualaikum WR. WB.

Selamat pagi, siang, sore, malam pembaca. Selamat datang di blog saya, di postingan kali ini saya mencoba untuk membuat tulisan tentang pengaruh dari Globalisasi, tentunya dengan versi saya sendiri. Apa itu Globalisasi? Kenapa Globalisasi bisa terjadi? Pengaruh apa yang ditimbulkan dari Globalisasi? Sudah seberapa luas kah pengaruh dari Globalisasi tersebut? Nah, itu mungkin beberapa urutan yang akan saya bahas kali ini.

Apa itu Globalisasi? 

Menurut saya, Globalisasi adalah proses saat dimana segala sesuatu yang berasal dari suatu wilayah negara dibelahan dunia, menyebar luas secara menyeluruh keseluruh penjuru dunia, penyebarannya dapat berupa kegiatan yang dilakukan manusia ataupun kegiatan yang dilakukan oleh bukan manusia, contoh dalam penyebaran kegiaatan yang dilakukan oleh manusia dalam lingkup antar negara adalah kegiatan pertukaran mahasiswa yang dilakukan antar kampus dibelahan dunia, sedangkan, penyebaran yang dilakukan oleh bukan manusia yaitu penyebarluasan dalam bidang ekonomi, politik, budaya hingga informasi dan teknologi serta penyebarluasan ilmu pengetahuan. Dalam proses Globalisasi pasti akan ada suatu pengaruh yang bernilai positif dan bernilai negatif.

Kenapa Globalisasi bisa terjadi?

Penyebab dari terjadinya Globalisasi adalah yang paling utama yaitu perkambangan Informasi dan Teknologi yang makin mempuni. Dari Informasi kita bisa dapat berbagai macam media yang berupa tulisan yang berbentuk majalah, Koran, tabloid dan lain-lain, bahkan dari media sosial yang berbentuk maya. Dari Teknologi, kita lebih bisa merasakan terjadinya Globalisasi karena terciptanya suatu jaringan bernama Internet yang menjaring semua Informasi dari  seluruh Negara di penjuru Dunia. Dari teknologi itu, kita bisa dapat merasakan pengaruh dari proses Globalisasi tersebut, dari yang positif sampai yang negatif. Dengan teknologi yang bernama Internet kita bisa masuk kedunia lain beberntuk cyber atau maya yang tidak terbatas, untuk mendapat segala sesuatu informasi melalui perangkat yang bernama Komputer, bahkan akibat dari pesatnya perkembangan jaman dari proses Globalisasi, internet sekarang bisa diakses dari handphone, smartphone, tab, tablet serta laptop dan gadget atau perangkat-perangkat lainnya.

Pengaruh apa yang ditimbulkan dari Globalisasi?

Sekarang saya akan mencoba untuk mengungkapkan pendapat saya tentang Pengaruh Globalisasi, baik itu bernilai positif ataupun bernilai negatif. Pada pengaruh Globalisasi yang bernilai positif dari kegiatan yang dilakukan manusia, saya ambil dari contoh yang sudah saya tulis sebelumnya, yaitu pertukaran mahasiswa yang dilakukan antar kampus dibelahan dunia, secara khusus, Indonesia bisa dikatakan bahwa sudah mampu untuk bersaing dalam Ilmu Pengetahuam dengan memberikan kesempatan serta beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi untuk dapat belajar bersama dengan mahasiswa luar negri. Dalam hal ini, Indonesia sudah bisa dikatakan maju dalam Ilmu Pengetahuan dan dapat bersaing dengan Negara-negara maju di dunia. Pengaruh posittif pada kegiatan yang dilakukan oleh bukan manusia, contohya dalam bidang ekonomi, dalam bidang ekonomi, secara khusus Negara kita bisa bersaing melalui ekspor-import barang dengan Negara lain, yang sama-sama dilakukan oleh banyak Negara agar ekonomi dinegara masing-masing dapat meningkat dan mampu mensejahterakan masyarakatnya.
Pengaruh negatif Globalisasi, pendapat saya mengenai pengaruh positif ini, saya ambil contoh dalam bidang budaya, Indonesia khususnya adalah Negara yang sopan dan pemalu, dulu masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang sopan dan pemalu, sampai-sampai cara masyarakat Indonesia khususnya wanita, jika berpakaian itu sopan selalu tertutup dari leher hingga mata kaki, tapi ketika Globalisasi masuk ke Indonesia melalui, kebiasaan masyarakat Indonesia untuk berpakaian tertutup mulai pudar, akibat masuknya gaya berpakaian luar negri yang mengenakan pakaian serba terbuka atau bisa dibilang pakaian “you can see” yang berarti kamu bisa melihatnya, akibat dari masuknya gaya berpakaian itu, sekarang wanita-wanita Indonesia sudah mulai berani untuk mengikuti gaya berpakaian “you can see” tersebut, mulai dari mengenakan “celana gemes”, nama lain dari “celana panas” atau “Hot Pants” yang ukuran celana itu sangat pendek hanya sampai setengah paha dari pinggang pemakainya. Dan juga mengenakan tang-top atau baju ketiak yang sangat ketat, pakaian sejenis itu mungkin juga sudah pakaian yang lumrah di Indonesia. Mungkin karena itu juga, kriminalitas tentang pelecehan seksual meningkat, ya mau gimana lagi, awalnya juga sudah negatif, pastinya juga akan menimbulkan hal yang negatif pula.

Sudah seberapa luas kah pengaruh dari Globalisasi tersebut?

Untuk sebuah proses yang sedang terjadi yaitu Globalisasi, pengaruhnya sudah menyebar luas sampai keseluruh lapisan masyarakat, usia anak SD bahkan usia TK pun sudah bisa merasakan proses Globalisasi, yang sangat menonjol dari mereka yang sudah bisa merasakan proses Globalisasi adalah dari bidang Teknologi dan Informasi, anak seusia itu sudah dikenalkan oleh orang tuanya untuk menggunakan gadget yang mudah terhubung dengan Internet, yang seharusnya anak usia tersebut belum diperkenankan untuk menggunakannya. Karena dari situ lah kepribadian seorang anak bisa berubah. Syukur jikalau berubahnya kearah yang positif, dan menjadi masalah jika perubahannya keaarah yang negatif.

Mungkian sekian dari penulisan saya, bila memang apa yang saya ungkapkan kurang sependapat dengan pembaca, saya mohon maaf, karena saya juga belum ahli dalam penafsiran Globalisasi. Sampai bertemu di penulisan saya selanjutnya.

Wassalammualaikum WR. WB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar