Minggu, 29 April 2018

Penulisan Review 2 Game


Penulisan mengulas 2 game yang menggunakan konsep pengambilan keputusan

Penulis akan mengulas singkat 2 game console yang pernah penulis mainkan dan yang menurut penulis memiliki konsep pengambilan keputusan. Sebenarnya, hampir semua game yang penulis mainkan itu memiliki konsep pengambilan keputusan, tapi untuk kali ini, penulis hanya mengulas 2 game saja, antara lain game nya adalah God of War 2 dan Resident Evil 4.

Pada game console bernama God of War 2, pengambilan keputusan dapat sangat dilihat pada saat kejadian-kejadian tertentu, seperti pada awal permainan dimana Kratos dihadapkan dengan Colossus of Rhodes, aktor Kratos sudah ditanamkan rangkaian program keputusan yang bisa digunakan oleh pemain, entah itu untuk menyerang Rhodes dengan menggunakan serangan dasar dan campuran atau dengan mengeluarkan elemen-elemen yang dimiliki, seperti elemen listrik, atau keputusan untuk menghindar saat Rhodes menyerang, seperti mengelak, atau melompat, atau menyerang balik dengan menggunakan elemen yang dimiliki. Pada kejadian tertentu, pemain diharuskan untuk menekan tombol dan mengarahkan analog sesuai dengan instruksi yang ada, dan jika salah konsekuensinya adalah serangan yang sudah dirangkai akan dipatahkan oleh Rhodes.

Contoh gambar awal mula pengambilan keputusan akan dimulai sesuai dengan instruksi.
Gambar Stunned Colossus

Pada game console bernama Resident Evil 4. Pengambilan keputusan juga sangat terlihat pada beberapa adegan, seperti pada saat pertarungan pisau antara Leon melawan Krauser. Dimana pemain diharuskan untuk sangat cepat memproyeksikan apa yang diinstruksikan agar leon tetap hidup. Pada adegan tersebut, pemain harus terus mengikuti instruksi-instruksi tombol yang ada sampai dengan selesainya adegan yang sudah di skenariokan.
Contok instruksi keputusan yang harus diambil oleh pemain
Gambar Leon vs Krauser Knife Fight Cutscene.

Sumber gambar :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar